Langsung ke konten utama

Catatan Pengabdian: Membagi Secercah Asa di Sekolah Sudut Kota


Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan atau yang lebih akrab disapa GEMAPEDIA, erat kaitannya dengan kegiatan pengabdian. November 2022 hingga Desember 2022 lalu,  GEMAPEDIA telah melaksanakan proker unggulannya, yakni kegiatan Pengabdian Akbar 1. Pengabdian Akbar 1 ini merupakan program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh GEMAPEDIA dan merupakan program kerja dari divisi Pengabdian. 

Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan dengan menyasar empat Sekolah Dasar yang ada di ujung Malang raya, diantaranya SDN 3 Dadapan, SDN 2 Ngadas, SDN 3 Bambang, dan SDN 3 Pajaran. Dengan empat mitra yang bekerjasama dengan GEMAPEDIA, teman-teman Laskar Dewantara dibagi menjadi 4 kelompok besar sesuai dengan jumlah sekolah sasaran pengabdian, yakni kelompok Dewi Sartika, K.H Ahmad Dahlan, K.H Hasyim Asy’ari, dan Roehana Koeddoes. Dari keempat kelompok besar tersebut dibagi lagi menjadi 6 kelompok kecil untuk menyesuaikan jumlah tingkatan kelas di Sekolah Dasar. Satu kelompok kecil berisi 2 Laskar Dewantara yang bekerjasama untuk menghandle perkelasnya. Mulai dari menyiapkan Rencana Pembelajaran (RPP), media pembelajaran yang menarik, hingga pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara langsung di kelas. Materi utama yang diajarkan pada periode ini yakni Bahasa Indonesia yang divariasi dengan kegiatan ice breaking, dolanan bareng, pengembangan literasi, maupun kegiatan keterampilan. Materi yang diajarkan juga telah disesuaikan dengan kurikulum saat ini, yakni Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada jenjang tertentu di beberapa sekolah. 



Ketika pelaksanaan kegiatan, tentunya Laskar Dewantara tidak turun sendiri, melainkan dibantu dan diawasi oleh Liaison Officer dari Dewantara. Liaison Officer bertugas memonitor dan melakukan penilaian terhadap proses belajar mengajar yang dilakukan oleh Laskar Dewantara, untuk kemudian penilaian tersebut disampaikan pada saat sesi evaluasi guna perbaikan dan peningkatan kualitas belajar mengajar Laskar Dewantara untuk kedepannya.

Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu hingga 1-2 jam, namun tidak menyurutkan semangat Laskar Dewantara maupun Dewantara untuk mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya. Harapannya semoga Pengabdian Akbar 1 ini juga  bermanfaat bagi masyarakat, khususnya mitra yang telah bersedia untuk bekerja sama baik dengan GEMAPEDIA.

Septiana Makrifatul, selaku Kepala Departemen Pendidikan mengungkapkan harapannya untuk Laskar Dewantara dan Dewantara dari pelaksanaan Pengabdian Akbar 1 ini, “Semoga teman-teman Laskar Dewantara dan Dewantara tetap semangat mengabdi dan mendidik untuk berbagi ilmu kepada adik-adik yang ada di sekolah sasaran kita tersebut. Semoga langkah teman-teman Laskar Dewantara dan Dewantara untuk menebar manfaat ini tidak selesai hingga Pengabdian Akbar 1 ini saja, namun di kegiatan-kegiatan lainnya juga. Seperti jargon yang sering terucap, Bangga Mendidik, Mengabdi, dan Menginspirasi Anak Bangsa, semoga semangat teman-teman Laskar Dewantara dan Dewantara tetap kokoh seperti itu juga” tuturnya.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Ketua Umum GEMAPEDIA, Carolina Shofia. Ia berharap kegiatan Pengabdian Akbar 1 ini dapat memberikan gambaran, khususnya kepada Laskar Dewantara terkait bagaimana rasanya mengajar serta mengelola kelas pada satuan formal dengan berbagai karakteristik peserta didiknya. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Akbar 1 ini, diharapkan Dewantara dapat memberi motivasi dan masukan serta mengembangkan inovasi untuk kedepannya.“Semoga kita tetap semangat mengikuti Pengabdian Akbar 2 dan Pengabdian Akbar 3 dan sekolah yang menjadi sasaran kegiatan kita dapat memperoleh kebermanfaatan, perjuangan harus tetap berlanjut dan tidak boleh berhenti disini” pungkasnya





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua