Langsung ke konten utama

Capacity Building and Anniversary GEMAPEDIA 2023: Agenda Tahunan Sebagai Ajang Meningkatkan Solidaritas dan Me-Refresh Semangat Pengabdian

 

Capacity Building and Anniversary GEMAPEDIA 2023 menjadi salah satu langkah jitu dalam rangka memperbaharui semangat perjuangan serta memupuk kebersaman dan kekeluargaan didalam organisasi GEMAPEDIA. Divisi PSDM dibawah Departemen Organisasi yang menyelenggarakan peringatan hari berdirinya GEMAPEDIA ke 9 tahun di Villa Sumber Urip, Junrejo, Batu, semakin memperlihatkan bahwa organisasi pendidikan ini telah berkembang dan berproses sehingga mampu mempertahankan eksistensinya dan konsisten memberikan kontribusi untuk pendidikan di Indonesia, khususnya di Malang Raya.

Kegiatan CB Anniv ini dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 7 dan 8 Januari 2023 dengan dihadiri oleh banyak anggota GEMAPEDIA, baik dari Dewantara ataupun Laskar Dewantara. Turut hadir juga pembina GEMAPEDIA, Bapak I Nyoman Ruja beserta para founder, Dewantara Ahli, DP2O, dan Dewantara muda. Tema yang diangkat pada kegiatan CB Anniv tahun ini adalah “Semangat Solidaritas Wujudkan Pribadi Berkualitas”. Dengan tema tersebut, harapannya semoga anggota GEMAPEDIA selalu solid dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Diawali dengan keberangkatan peserta dari titik kumpul Gerbang Surabaya Universitas Negeri Malang pada 7 Januari pukul 10.00 WIB, kemudian sesampainya di lokasi kegiatan, dilaksanakanlah seminar yang diisi oleh dua narasumber keren kita, yakni Kak Umniyah Jumun Rosyidah, S.Pd dan Kak Nazira Dyah Maharani, S.Psi. Dalam materi yang ia bawakan bertajuk “How to Balance The Four C's of 21st-Century Skills”, Kak Umniyah mengupas tuntas tentang bagaimana menyeimbangkan keterampilan 4C di abad 21 ini. Dilanjutkan dengan Kak Nazira yang membawakan materi berjudul “Bersiap Diri Menghadapi Warga Lapas” yang mana, materi ini ada korelasinya dengan kegiatan Pengabdian Akbar 3 yang nanti akan dilaksanakan oleh Laskar Dewantara dan Dewantara.

Sebelumnya, untuk keperluan pensi dan outbond, peserta CB Anniv dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing beranggotakan 9-10 orang. Pada pukul 19.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan pentas seni. Keenam kelompok tersebut maju secara bergiliran dan menampilkan pertunjukan, diantaranya menyanyikan lagu pop, musikalisasi puisi, puisi berantai, menyanyikan lagu dangdut, drama, dan flashmob. Kegiatan pensi berlangsung meriah dengan para peserta CB Anniv yang totalitas mengikuti kegiatan pensi dari awal hingga akhir. Setelah bergembira ria merasakan euforia pensi, peserta CB Anniv diajak untuk melakukan deep talk dengan kelompok masing-masing. Hal ini guna mewadahi peserta CB Anniv untuk mengungkapkan keluh kesahnya dan saling memberi masukan atau feedback.



Tak kalah seru dari hari pertama, di hari kedua peserta CB Anniv diajak untuk melakukan stretching dan senam pagi. Dilanjutkan dengan kegiatan outbond, dimana masing-masing kelompok harus melewati 3 pos dan menyelesaikan tantangan yang ada pada ketiga pos tersebut. Pada kegiatan ini, para peserta CB Anniv diajak untuk ‘have fun’ dan memacu kembali semangat meraka.

Menuju rangkaian terakhir dari kegiatan CB Anniv, para peserta diajak berkumpul dan melakukan tukar kado, dilanjutkan dengan penyampaian kesan pesan oleh perwakilan Laskar Dewantara dan Dewantara serta penutupan kegiatan oleh ketua pelaksana dan ketua departemen organisasi.

Carolina Shofia, selaku Ketua Umum GEMAPEDIA mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen GEMAPEDIA serta berharap kerja keras yang telah dilakukan dapat memberi manfaat untuk pribadi masing-masing dan juga sekitar. “Semoga kerja keras kalian (Laskar Dewantara dan Dewantara) bisa bermanfaat untuk diri kalian sendiri dan juga orang lain”, tuturnya.

Capacity Building and Anniversary GEMAPEDIA 2023 sebagai agenda tahunan GEMAPEDIA yang diharapkan bisa menjadi wadah untuk mengenang kembali perjuangan para founder dalam membangun organisasi, membangun semangat dan motivasi bagi para Laskar Dewantara dan Dewantara untuk terus konsisten menebar manfaat, serta sebagai ajang meningkatkan solidaritas diantara para  anggota GEMAPEDIA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua