Langsung ke konten utama

MEDIA PEMBELAJARAN SI AUM

Hallo Sobat AUM !

Pada bulan November lalu, Laskar Dewantara Batch X telah melaksanakan Pengabdian Akbar 1 selama empat minggu. Saat melaksanakan Pengabdian Akbar 1, Laskar Dewantara Batch X membuat media pembelajaran sebagai alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran yang kreatif dan menarik, diharapkan dapat menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar serta mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Yuk-yuk simak media pembelajaran yang telah dibuat oleh Laksar Dewantara pada minggu pertama berikut ini

MEDIA PEMBELAJARAN SI AUM SDN 3 BAMBANG

Media pembelajaran “Pohon Keluarga Besarku” dibuat oleh Laskar Dewantara Yurin Tri Fandiah dan Rosita Rezalia Oliviasari untuk membantu siswa kelas 1 SDN 3 Bambang  dalam mengenalkan silsilah keluarga besar pada materi pembelajaran Tema 4 Sub Tema 3 Keluarga Besarku. 

Media pembelajaran “Pop Up Book” dibuat oleh Laskar Dewantara Amalia Putri Wahyuni dan Intan Kurniawati untuk membantu siswa kelas 2 SDN 3 Bambang  dalam memahami tentang lingkungan yang sehat di tempat bermain pada materi pembelajaran Tema 4 Sub Tema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain. 

Media pembelajaran “Miniatur Kehidupan Bertetangga” dibuat oleh Laskar Dewantara Ramadhana Rizki Dwi Pamungkas dan Sulistio Rini Ika Pratiwi untuk membantu siswa kelas 3 SDN 3 Bambang  dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi peserta didik pada materi pembelajaran Tema 4 Sub Tema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga.

Media pembelajaran “Poster Karton dan LKPD Berwarna” dibuat oleh Laskar Dewantara Aisyah Bella dan Esther Yohana S. untuk membantu siswa kelas 4 SDN 3 Bambang dalam memahami ide pokok dan ide pendukung pada materi pembelajaran Bab 4 Meliuk dan Menerjang.


Media pembelajaran “Papan Rantai Makanan” dibuat oleh Laskar Dewantara Salisia Nur Rahma dan Nuril Fadila untuk membantu siswa kelas 5 SDN 3 Bambang dalam memahami fakta dan informasi yang terkandung dalam teks nonfiksi pada materi pembelajaran Tema 5 Sub Tema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.


Media pembelajaran “Papan Pernyataan” dibuat oleh Laskar Dewantara Evi Triani Puspitasari dan Moch. Ardiansyah Putra untuk membantu siswa kelas 6 SDN 3 Bambang dalam memahami identifikasi komponen dan cara mengisi teks daftar riwayat hidup secara benar pada materi pembelajaran Tema 5 Sub Tema 2 Usaha di Sekitarku.


MEDIA PEMBELAJARAN SI AUM SDN 3 DADAPAN

Media pembelajaran “Papan Huruf” dibuat oleh Laskar Dewantara Anas Santika dan Nur Hatifah untuk membantu siswa kelas 1 SDN 3 Dadapan dalam mengenali gerak hewan dan mengeja kombinasi huruf pada suku kata yang sering ditemui pada materi pembelajaran Bab 4 Aku Bisa!

Media pembelajaran “Papan Tempel” dibuat oleh Laskar Dewantara Silvi Yuniawardhani dan Diana Galuh Septyasari untuk membantu siswa kelas 2 SDN 3 Dadapan  dalam memahami kosakata perbedaan lingkungan kotor dan bersih pada materi pembelajaran Tema 4 Sub Tema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain. 

Media pembelajaran “Kartu Kalimat” dibuat oleh Laskar Dewantara Alyssa Prameswari dan Alamsyah Pradwika Dafio untuk membantu siswa kelas 3 SDN 3 Dadapan  dalam memahami tentang kalimat saran dalam kewajiban dan hak saat bertetangga pada materi pembelajaran Tema 4 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga.

Media pembelajaran “MIPO (Menentukan Ide Pokok)” dibuat oleh Laskar Dewantara Dayu Maghfira Ikhwanida dan Iin Sarlitaningtias untuk membantu siswa kelas 4 SDN 3 Dadapan  dalam memahami tentang ide pokok dan ide pendukung dari suatu teks pada materi pembelajaran Bab 4 Meliuk dan Menerjang.

Media pembelajaran “Papan Rantai Makanan” dibuat oleh Laskar Dewantara Gaby Kharissa Vianti dan Rezaldi Hafidz Fadillah untuk membantu siswa kelas 5 SDN 3 Dadapan dalam memahami tentang ekosistem yang terdapat dalam teks nonfiksi pada materi pembelajaran Tema 5 Sub Tema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.


Media pembelajaran “Poster InPrak (Informasi Praktis)” dibuat oleh Laskar Dewantara Diva Wido Haningtyas dan Shofi Nur Jannah untuk membantu siswa kelas 6 SDN 3 Dadapan dalam memahami informasi tentang formulir pada materi pembelajaran Tema 5 Sub Tema 2 Usaha di Sekitarku.


MEDIA PEMBELAJARAN SI AUM SDN 3 PAJARAN

Media pembelajaran “Papan Binatang” dibuat oleh Laskar Dewantara Filyar Nadia Salsabila dan Rosa Istighfariananda untuk membantu siswa kelas 1 SDN 3 Pajaran dalam menirukan  gerakan-gerakan dari setiap binatang pada materi pembelajaran Bab 4 Aku Bisa!


Media pembelajaran “Papan Kosakata” dibuat oleh Laskar Dewantara Maula Diana Santi dan Muhammad Tristan untuk membantu siswa kelas 2 SDN 3 Pajaran dalam memahami ciri-ciri lingkungan bersih dan sehat di tempat bermain pada materi pembelajaran Tema 4 Sub Tema 3 Hidup Besih dan Sehat di Tempat Bermain.


Media pembelajaran “Menempel Warna Sesuai Kalimat Saran dan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara Gina Shofia  dan Dewa Putra Cisnaulin untuk membantu siswa kelas 3 SDN 3 Pajaran dalam memahami kalimat ungkapan dan saran pada materi pembelajaran Tema 4 Sub Tema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga.

Media pembelajaran “Papan Wiyata” dibuat oleh Laskar Dewantara Ana Karismallah Nur Fadilah dan Aprilia Devina Anantya untuk membantu siswa kelas 4 SDN 3 Pajaran dalam mengingat, menjelaskan, dan memahami tentang materi teks bacaan yang telah dipelajari pada materi pembelajaran Bab 4 Meliuk dan Menerjang.

Media pembelajaran “Kartu Huruf” dibuat oleh Laskar Dewantara Dini Putri Hayuning Pramesti untuk membantu siswa kelas 5 SDN 3 Pajaran dalam memahami huruf-huruf yang ada di nama dirinya ataupun temannya pada materi pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.


Media pembelajaran “Papan Ajaib” dibuat oleh Laskar Dewantara Radhiyyah Nida Zhafirah dan Salma Fidila Rahmawati untuk membantu siswa kelas 6 SDN 3 Pajaran dalam memahami bagian-bagian daftar riwayat hidup pada materi pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Usaha di Sekitarku.

MEDIA PEMBELAJARAN SI AUM SDN 2 NGADAS

Media pembelajaran “Pohon Keluarga Udin” dibuat oleh Laskar Dewantara Nurul Azizah dan Rinda Pertiwi Mukti untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami anggota keluarga besar Udin maupun anggota keluarga siswa sendiri bersama teman-temannya pada materi pembelajaran Tema 4 Subtema 3 Keluarga Besarku.

Media pembelajaran “Tabel Kosakata” dibuat oleh Laskar Dewantara Siti Nor Halisa dan Ilmal Hadi Riham Setyorahmah untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas dalam menemukan kosakata dan maknanya yang berhubungan dengan lingkungan sehat di tempat bermain pada materi pembelajaran Tema 4 Subtema 3 Hidup Besih dan Sehat di Tempat Bermain.

Media pembelajaran “Papan Saran dan Pohon Saran” dibuat oleh Laskar Dewantara Lilis Ardillah dan Nasrunniati Dyahayu Anggi Winarni untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas dalam memahami dan menyajikan ungkapan atau kalimat saran dengan tepat pada materi pembelajaran Tema 4 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga.

Media pembelajaran “Tabel KW (Know-What you want to know?” dibuat oleh Laskar Dewantara Hudan Ezra’alana dan Kurnia Sari Rahayu untuk membantu siswa kelas 4 SDN 2 Ngadas dalam memahami tentang tokoh Sultan Hasanuddin pada materi pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Pahlawan Kebanggaanku.

Media pembelajaran “Aku Seorang Tukang Pos” dibuat oleh Laskar Dewantara Koko Santoso dan Rahma Widya Sari untuk membantu siswa kelas 5 SDN 2 Ngadas dalam menemukan pokok pikiran dalam suatu teks non-fiksi pada materi pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.


Media pembelajaran “Papan Pertanyaan” dibuat oleh Laskar Dewantara Citra Arifia Novi Ananta dan Khoiruni Ni’maturrizqiah untuk membantu siswa kelas 6 SDN 2 Ngadas dalam memahami teks formulir pada materi pembelajaran Tema 5 Subtema 2 Usaha di Sekitarku.

Gimana nih Sobat AUM, bagus-bagus banget kan media pembelajaran karya Laskar Dewantara Batch X. Pastinya Sobat AUM tidak sabar untuk melihat media pembelajaran pada minggu kedua. Maka dari itu tetap stay tune yaaaaa di web GEMAPEDIA.


GEMAPEDIA

Bangga Mendidik, Mengabdi, dan Menginspirasi Anak Bangsa.

 

Find Us On:

Instagram: @gemapedia_official

Facebook: Gemapedia

Twitter: gemapedia_

YouTube: Gemapedia Official

Email: info.gemapedia@gmail.com

Website: www.gemapedia.org

Tiktok: gemapediaofficial

Linkedln: Gemapedia_Official



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua