Langsung ke konten utama

Pembukaan Pengabdian Jilid 1 Batch 3 UMengajar

Semangat pagi ini membawa kita ke tempat dimana belajar , mengajar , dan menginspirasi menjadi esensi utama. 

Sabtu (17/10) pukul 05.30 sekitar dua puluh lima motor berkumpul di Jalan Semarang untuk berangkat pembukaan pengabdian Jilid 1 Batch 3 UMengajar. Raut muka senang , gembira , penasaran , bahkan ada yang takut membaur menjadi satu. Dengan berjalan beririgan  kami menyusuri sepanjang jalanan menuju Ngadas. Tidak mudah memang perjalanan yang kami tempuh untuk menuju kesana , tapi bukan berarti kita menyerah begitu saja. Lelah perjalanan seakan terbayar ketika sepanjang  mata memandang kanan kiri penuh hijau-hijauan , pertanda kami telah memasuki daerah Ngadas. SDN 01 Ngadas sendiri terletak di atas sehingga terlihat dari kejauhan. Baru turun dari motor , adik-adik sudah menyambut dengan senyum manis mereka. Ada yang minta bersalaman hingga mulai mengajak berbicara. 

Setelah semua berkumpul, pembukaan dimulai dengan mengadakan upacara. Terlebih dahulu adik-adik dilatih baris-berbaris untuk membiasakan kedisiplinan. Meski terik matahari menyengat, tapi mereka tetap semangat. Hingga perwakilan dari kepala sekolah mulai sambutan dan sejenak hening mendengarkan. Beliau dan guru-guru disana begitu antusias menyambut kedatangan kami. Mereka berharap kami bisa menumbuhkan semangat belajar dan cita-cita adik-adik di SDN 01 Ngadas karena motivasi belajar mereka masih sangat kurang. Guru disini pun hanya berjumlah 6 orang termasuk kepala sekolah dan baru 2 orang yang menjadi Pegawai Negeri Sipil. Sambutan di tutup dengan sangat unik. Perwakilan kepala sekolah mengucapkan 3 salam, yaitu untuk mereka yang beragama Islam , Hindu, dan Budha. Masyarakat disini memang mempunyai 3 agama mayoritas , tetapi mereka hidup rukun berdampingan. 



Perkenalan batch 3 dengan adik-adik SDN 01 Ngadas dilakukan didalam dan diluar kelas. Dimulai dengan mengecek kerapian seperti rambut dan kuku. Kemudian belajar tentang peta, yang bertujuan agar mereka tahu letak desa Ngadas dalam peta Indonesia. Hal ini penting supaya mereka tidak hanya menganggap dunia nya hanya sekitar Ngadas saja. Selain itu pengenalan tentang berbagai profesi juga dilakukan dengan membawakan gambar kepada mereka. Motivasi  untuk terus sekolah terus digencarka agar mereka mau terus bersekolah dan bisa mencapai cita-cita yang mereka inginkan. Bercita-cita menjadi petani boleh saja , tetapi petani yang nggak nyangkul, seperti kata pak Kartono dalam sambutan pembukaan. Acara sabtu ini ditutup dengan upacara bendera dan diskusi dengan beberapa Guru Besar Universitas Negeri Malang yang sedang melakukan pengabdian disana. 

Semoga langkah kecil ini selalu bermanfaat untuk kami dan adik-adik disana, mutiara desa Ngadas. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua