Langsung ke konten utama

SENYUM SEMANGAT SDN TAJI 1 JABUNG

Sabtu (22/10) Laskar Dewantara (LD) Batch IV gerakan UMengajar kelompok Arjuna yang beranggotakan 12 orang memulai pengabdian perdananya di SDN TAJI 1. Sekolah yang berstatus negeri ini terletak di desa Taji, kecamatan Jabung, kabupaten Malang. Pemberangkatan dilakukan secara bersama-sama dengan kelompok lain pada pukul 06:00 WIB. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sana sekitar 1 jam dari kota Malang. Meskipun untuk menuju kesana harus melewati medan berkelok, mata kita akan dimanjakan oleh barisan bukit hijau royo-royo di kanan dan kiri jalan. Bukan hanya mata, tapi organ pernafasan yang penuh polusi selama di kota akan direlaksasi dengan udara segar dan bersih di desa ini.

Siswa yang berjuang menuntut ilmu di sana berjumlah 61 siswa. Ketika LD Batch IV sampai di sekolah, bukan hanya para guru, tapi semua siswa juga menyambut dengan sangat antusias. Semangat belajar mereka sungguh luar biasa. Sayangnya di sana belum tersedia perpustakaan. Padahal perpustakaan sangat penting untuk mengembangkan pengetahuan siswa dan menunjang rasa ingin tahunya yang tinggi. Selain itu perpustakaan juga salah satu fasilitas yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah guna menunjang pembelajaran yang aktif, inovatif, dan mandiri. Akibatnya, mereka hanya mengenal bermain bola di halaman dan menyanyi ketika ada waktu luang. Waktu membaca mereka masih kurang karena minimnya bahan bacaan yang dimiliki. Mungkin karena letaknya yang jauh dari pengawasan, menyebabkan kurang terpenuhinya fasilitas pendidikan yang memadai.

Kegiatan awal yang dilakukan oleh LD Batch IV setibanya di sekolah adalah upacara pembukaan yang diikuti oleh guru, siswa, LD Batch IV, dan pengurus inti UMengajar. Siswa dibariskan dengan rapi oleh LD Batch IV di halaman sekolah yang masih berupa tanah. Pengabdian di SDN Taji 1 dibuka dan disahkan oleh Kepala SDN Taji 1. Kemudian dilanjutkan dengan permainan-permainan yang dipimpin oleh LD Batch IV dan pengurus inti UMengajar sehingga membuat siswa merasa senang. Puas dengan bermain, siswa masuk kelas sesuai jenjang kelasnya masing-masing dengan didampingi LD Batch IV. Siswa kelas 1 belajar mengeja dan menulis di luar kelas karena kelas digunakan secara bergantian dengan siswa kelas 2. Namun ketika pembuatan hasta karya, siswa kelas 1 berada di dalam kelas dan siswa kelas 2 berada di luar kelas. Siswa kelas 3 hingga siswa kelas 6 belajar materi dan pembuatan hasta karya di kelas masing-masing. Pembelajaran dimulai pukul 07:30 WIB dan berakhir pukul 10:00 WIB untuk siswa kelas 1 dan siswa kelas 2, sedangkan siswa kelas 3 hingga siswa kelas 6 berakhir pukul 11:30 WIB.

Setelah kegiatan belajar mengajar usai, LD Batch IV melakukan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan agar pada pertemuan selanjutnya bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik lagi. Dalam evaluasi, setiap LD Batch IV mengungkapkan semua kesulitan yang dialaminya ketika mengajar. Mayoritas kendala yang dialami yakni sulitnya mengondisikan siswa yang sangat aktif. Mereka suka dengan cara belajar yang melibatkan gerak tubuh. Selain itu, mereka juga cepat bosan dengan materi yang disampaikan. Mereka sering meminta kepada LD Batch IV untuk bermain bola di halaman karena bosan dengan materi. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan mereka bermain bola dengan intensitas waktu yang tinggi.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua