Langsung ke konten utama
Lokakarya GEMAPEDIA 2019: Semangat Awal Menuju Keberhasilan Program Kerja

             

Menyambut awal bulan Agustus, keluarga GEMAPEDIA mengadakan Lokakarya Sabtu (3/8/2019) di Aula AVA E6 Fakultas Sastra. Dengan mengangkat tema  “Optimalisasi Rencana kerja dalam Mewujudkan GEMAPEDIA yang Partisipatif dan Integratif”, lokakarya ini bertujuan untuk mengoptimalkan rencana program kerja selama satu periode ke depan.
Lokakarya merupakan salah satu program kerja GEMAPEDIA yang berupa perencanaan program kerja ataupun strategi yang telah dikaji secara matang. Harapan diadakannya lokakarya adalah dapat mendialogkan program kerja yang terbaik dan produktif untuk eksistensi GEMAPEDIA yang lebih baik serta dapat memberikan manfaat untuk seperiode ke depan.
Lokakarya yang dihadiri hampir seluruh pengurus GEMAPEDIA 2019/2020 dan DP2O tersebut berlangsung sejak pukul 7.30 sampai 16.00 WIB.  Dengan mengusung Kabinet Taman Inspirasi, Ketua umum GEMAPEDIA periode 2019/2020 memiliki harapan besar untuk GEMAPEDIA:

“Dapat menjadi gerakan yang baik secara organisasi maupun personal masing-masing anggota dengan dapat bekerja sama dan menginspirasi dalam internal GEMAPEDIA serta masyarakat pastinya” tutur Maulana Husni Ma’ruf  dalam sambutannya.
Usai pemberian sambutan, dimulai acara sertijab. Serah terima jabatan ditandai dengan penyerahan bendera GEMAPEDIA dari Ketua umum periode 2018/2019 kepada Ketua umum periode 2019/2020. Lokakarya ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana ada pembacaan surat keputusan tentang penetapan kepengurusan GEMAPEDIA 2019/2020. Surat tersebut menandakan berakhirnya masa kepengurusan 2018/2019 dan dilantiknya pengurus GEMAPEDIA masa bakti 2019/2020. Dengan dipandu oleh Ketua umum GEMAPEDIA periode sebelumnya, seluruh pengurus GEMAPEDIA periode 2019/2020 mengucapkan sumpah pengurus.


Setelah dilantik, pengurus GEMAPEDIA memaparan program kerjanya. Program kerja yang ada disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi sesuai jobdesk yang ada di GEMAPEDIA. Peserta yang hadir baik pengurus maupun DP2O mengkritisi program kerja yang diusung untuk memastikan program kerja sudah matang dan sesuai dengan visi misi GEMAPEDIA. Jumlah program kerja yang disahkan dari seluruh divisi adalah 41 program kerja, diantaranya yaitu div HRRD (8 Proker), div Medkom (6 Proker), div Danus (4 Proker), div Humas (3 Proker), div Kremul (4 Proker), div Logistik (2 Proker), DP (3 Proker), DPI (6 Proker), dan terakhir DRL (5 Proker).

Di sela-sela kegiatan untuk menghidupkan kembali suasana, sie acara juga menyelingi Lokakarya dengan ice breaking. Awalnya peserta dibagi menjadi tiga kelompok dengan berhitung. Melalui Hola hoop dan kertas, peserta harus menyentuh Hola hoop dengan kertas di ujung jari. Masing-masing kelompok harus menurunkan Hola hoop dan yang paling cepat akan menjadi pemenangnya. Seketika ruangan menjadi ramai ketika Hola hoop diturunkan posisinya menjadi oleng. Sehingga dalam permainan ini dibutuhkan kerja sama tim dan leadership.




Pada ice breaking kedua, masing-masing kelompok yang terdiri dari pengurus dan DP2O mendapatkan kertas dan bolpoin. Grahandy, salah satu pengurus GEMAPEDIA menjadi instruktur yang akan membacakan instruksi. Mulai dari perintah menggambar segitiga, bintang, lingkaran dan bangun datar lainnya. Pada saat perintah menggambar belah ketupat, ternyata Grahandy memberi instruksi yang salah yaitu ia mengganti nama bangun tersebut menjadi limas, layang-layang dan jajaran genjang. Sehingga ruangan berubah menjadi gaduh oleh canda tawa. Dalam permainan ini dibutuhkan kecermatan dalam mengolah informasi. Selain itu, permainan juga merekatkan pengurus maupun DP2O GEMAPEDIA.
Acara Lokakarya yang disiapkan hampir sebulan tersebut berjalan lancar. Hal tersebut didukung oleh lingkungan yang kondusif dan peserta yang sangat partisipatif selama acara. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk GEMAPEDIA ke depannya.
Bangga mendidik, mengabdi, dan menginspirasi anak bangsa!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua