Langsung ke konten utama

PERJUANGANKU BERHASIL MEMBAWA PULANG MEDALI EMAS DIAJANG NASIONAL



Tahun ini Universitas Negeri Malang (UM) lagi lagi menoreh prestasi membanggakan di ajang PIMNAS KE-32 yang diadakan di Bali.  Mahasiswa UM dengan bangga membawa pulang enam medali diantaranya dua medali emas dan empat medali perunggu untuk  kategori poster dan presentasi. Salah satu yang menyumbang medali emas ialah anggota gemapedia yaitu Risa Safira Ramadhani (PLB 2016), dengan tim Nindya Ayu Rizqianti (PLB 2016), dan Nur Nilam Ayu Saputri (Sasing 2017) yang mengangkat judul PKM “Manually Coded English untuk Mengajar Bahasa Inggris Anak Tunarungu”. Penelitian ini termasuk dalam salah satu jenis penelitian sosial humaniora.
Menurut hasil wawancara dengan Risa salah satu anggota mengatakan bahwa latar belakang dari pengambilan judul tersebut ialah berawal dari pemikiran bagaimana mengajarkan bahasa inggris kepada anak tunarungu, karena cara membaca bahasa inggris dan penulisannya memiliki perbedaan. Hal ini didukung dengan kunjungan oleh tim ke SMP-LB YPTB Malang didapatkan bahwa ternyata pronunciation anak tunarungu masih sering salah. Mereka mengucapkan bahasa inggris sesuai dengan penulisannya. Oleh karena itu, diangkatlah penelitian untuk mengembangkan metode manually coded english untuk mengajarkan bahasa inggris kepada anak tunarungu, terutama dalam hal pronunciation. Dalam penerapan tersebut tim mengajarkan melalui isyarat dengan melalui aplikasi yang mereka buat yaitu KABITATU (Kamus Isyarat Bahasa Inggris Tunarungu).
Pemikiran ini mengantarkan tim tersebut sampai ke Bali untuk mengikuti PIMNAS ke-32 dan proposal mereka didanai oleh Ristekdikti. Risa Safira berkata “Alhamdulillah saya dan tim sangat senang dan bangga diberikan kesempatan yang sangat luar biasa ini untuk dapat mengembangkan ide”.  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sangat membantu sebagai wadah mahasiswa dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas. Adanya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mahasiswa yang memiliki ide-ide cemerlang dapat disalurkan dan dikembangkan dengan baik.
Pastinya perjalanan untuk mencapai sampai ketahap ini tidaklah mudah. Banyak sekali rintangan yang tim tersebut hadapi selama mengikuti lomba PKM sampai proposal tersebut akhirnya didanai. Seperti halnya berawal dari keadaan lingkungan sekitar yang mana dua dari anggota tersebut berasal dari jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang sering memiliki interkasi dengan anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dari kebiasaan itu lah salah satu tim yaitu Risa Safira mengaku menemukan suatu permasalahan yang masih berhubungan dengan anak-anak berkebutuhan khusus, yaitu mengenai anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam membaca bahasa inggris. Permasalahan tersebut dirasa sangat menarik jika diangkat dalam sebuah penelitian. Oleh karena itu, risa mulai lah mencari anggota tim lain yang dirasa relevan dan memiliki kemampuan untuk berdiskusi mengenai hal tersebut. Sehingga akhirnya terbentuknya sebuah tim PKM yang terdiri dari tiga mahasiswa yaitu dari jurusan Pendidikan Luar Biasa sebanyak dua orang angkatan 2016 yang memiliki pengetahuan dan kemampuan memahami anak tunarungu, dan selanjutnya dari jurusan sastra inggris yang pastinya memiliki pemahaman lebih dalam hal bahasa inggris. Dari perpaduan yang dirasa sangat pas tersebut terbentuklah sebuah tim yang sangat kompak dalam meneliti sebuah permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar mengenai permasalahan anak tunarungu dalam membaca bahasa inggris.


Penilitian ini dilakukan kurang lebih membutuhkan waktu enam bulan. Mulai dari pengumpulan data, observasi, penyusunan prososal, dan sampai bulan Maret pengumuman bahwa proposal tersebut didanai. Tidak disangka berangkat dari ide sederhana yang banyak orang kurang meyadari akan permasalahan tersebut dapat mengantarkan tim yang diketuai oleh Risa Safira ini sampai pada kemenangan meraih medali emas sebagai juara 1 kategori presentasi. Kerja keras selama berbulan-bulan telah menghasilkan buah perjuangan yang sangat manis. Tidak ada waktu yang terbuang sia-sia untuk belajar. Banyak sekali pihak yang merasa bangga akan keberhasilan ini, salah satunya ialah keluarga besar GEMAPEDIA (Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan). Risa Safira yang menjadi salah satu anggota dari keluarga besar GEMAPEDIA sudah berhasil menorehkan prestasi diajang nasional. “Saya sangat bangga atas kemenangan yang diraih oleh teman saya Risa, semoga pengalaman dan ilmu yang didapatkan dapat dibagi kepada teman-teman lainnya, anggota GEMAPEDIA pada khususnya dan mahasiswa lain pada umumnya”, tutur salah satu anggota GEMAPEDIA. Semoga dengan ini dapat membangkitkan motivasi mahasiswa lain untuk lebih giat dalam melakukan penelitian dan menemukan sebuah permasalahan dilingkungan sekitar untuk disusun dalam bentuk proposal PKM. Sebagai mahasiswa harus lebih kritis menanggapi permasalahan yang ada dan cerdas menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Diakhir berbincangan dengan narasumber, adanya pesan yang ingin disampaikan yaitu “Jangan takut memulai untuk memiliki ide-ide hebat, tuangkanlah salah satunya melalui PKM. Yakinlah ide tersebut dapat bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri melainkan bagi orang lain juga”, tutur Risa Safira.
Untuk Mahasiswa hebat, ukirlah karyamu melalui tulisan. Jadilah Mahasiswa yang dapat bermanfaat untuk banyak orang. Teruslah berkarya!
Salam Pendidikan! GEMAPEDIA, Bangga mendidik, mengabdi dan menginspirasi anak bangsa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua