Langsung ke konten utama

Menambah Wawasan bersama Community Visit Gemapedia


MENAMBAH WAWASAN BERSAMA COMUNITY VISIT GEMAPEDIA








Membahas mengenai ilmu dan wawasan didapat dari mana saja. Baik dengan membaca buku, berinteraksi dengan orang lain maupun lingkungan sekitar. Menuntut ilmu wajib bagi setiap manusia karena dengan ilmu manusia dapat membedakan yang baik dan buruk. Seperti halnya pepatah yang mengatakan bahwa tuntutlah ilmu hingga ke Negeri China! Pepatah tersebut mengartikan bahwa tuntutlah ilmu sejauh mungkin tidak mengenal batas. Ini sama halnya dengan yang dilakukan oleh organisasi Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) yaitu community visit.Community visitmerupakan salah satu proker dari departemen organisasi bidang humas.
Community visit adalah kegiatan yang dilakukan GEMAPEDIA untuk mengunjungi komunitas-komunitas lain yang ada di wilayah Malang Kota. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan anggota GEMAPEDIA khususnya Laskar Dewantara Batch 7 mengenai berbagai jenis komunitas. Community visit dilakukan kepada 8 komunitas yaitu antara lain, Sabtu Membaca, Ketimbang Ngemis Malang, Kampung Sinau, Akar Tuli, Berbagi Malang, Ruang Be;ajar Aqil, dan Asosiasi Pemerhati Anak Difabel. Kegiatan community visit ini tidak ada batasan mengenai komunitas yang akan dikunjungi, sehingga terdapat berbagai banyak komunitas yang bersedia untuk bekerja sama dengan kegiatan community visitini.Community visit dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu selama 2 minggu, dengan komunitas dan anggota GEMAPEDIA yang berbeda-beda. Sehingga semua anggota memiliki kesempatan untuk merasakan community visit.
Kegiatan community visitselain sebagai jalan untuk menambah wawasan juga melatih keberanian dan rasa percaya diri bagi Laskar Dewantara Batch 7 GEMAPEDIA yang secara khusus terlibat secara langsung dalam kegiatan ini. Menuntut ilmu tidaklah cukup hanya  didapat dari pihak dalam saja. Dibutuhkannya relasi yang terjalin dengan komunitas-komunitas lain yang ada di Kota Malang.Output dari kegiatan community visitini ialah berupa artikel dan vudeo yang berisi tentang komunitas yang telah dikunjunginya tersebut. Selama kegiatan community visitLaskar Dewantara Batch 7 berperan sebagai reporter untuk mewawancarai dan menggali informasi mengenai komunitas tersebut. Informasinya yang telah didapat tersebut digunakan sebagai bahan untuk menulis artikel.
Kegiatan community visitmemberikan banyak sekali manfaat, antara lain memperluas wawasan anggota GEMAPEDIA mengenai banyak hal yang tidak didapatkan dari organisasi GEMAPEDIA. Misalnya mengenai pemberian pendidikan kepada anak jalanan sampai ke anak difabel. Hal ini merupakan salah satu pentingnya menjalin relasi dengan pihak luar. Community visityang secara garis besar ditujukan kepada komunitas yang bergerak di bidang sosial, secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa peduli dengan sesama. Ternyata diluar sana masih banyak sekali yang membutuhkan ulur tangan bantuan dari kita. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang berguna untuk orang lain.
Rasa peduli dengan sesama dirasa penting dipupuk sedini mungkin. Hal tersebut dapat membiasakan diri untuk peduli dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Sesuai dengan hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. Selain itu, community visitdapat menumbuhkan rasa syukur dalam diri. Banyak diluar sana yang memiliki kehidupan yang kurang beruntung seperti kehidupan anak jalanan. Namun, masih ada orang peduli terhadapnya yaitu komunitas-komunitas yang bergerak di bidang sosial tersebut khususnyaa perihal pemberian pendidikan. Oleh karena itu, community visitmerupakan kegiatan yang memberikan banyak sekali manfaat dan pembelajaran baru khususnya untuk anggota GEMAPEDIA.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua