Langsung ke konten utama

CAPACITY BUILDING and 7th ANNIVERSARY of GEMAPEDIA

 

CAPACITY BUILDING and 7th ANNIVERSARY of GEMAPEDIA

 

Capacity Building and 7th Anniversary of GEMAPEDIA merupakan proker yang membangun soft skill atau keterampilan anggota GEMAPEDIA. Acara Capacity Buiding ini juga dilakukan bersamaan dengan hari ulang tahunnya GEMAPEDIA yang ke 7. Acara ini  tentunya sangat luar biasa dan dinantikan oleh semua Dewantara serta Laskar Dewantara yang turut andil dalam memeriahkan acara ini. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu hari sabtu dan minggu pada tanggal 23 Januari 2021- 24 Januari 2021.

Untuk memeriahkan acara ini baik Dewantara maupun laskar Dewantara mengunggah twibbon GEMAPEDIA dalam merayakan HUT GEMAPEDIA yang ke tujuh di instagram masing-masing. Selain itu Laskar Dewantara juga membuat video ucapan selamat ulang tahun untuk GEMAPEDIA yang dikemas dengan kreatif oleh kelompok Laskar Dewantara. Pengelompokan tersebut berdasarkan pengelompokan Pengabdian Akbar 1, yang mana mereka saling berkolaborasi dalam membuat video ucapan selamat ulang tahun untuk GEMAPEDIA. Video ini akan dilombakan antar intern GEMAPEDIA yang tentunya dengan hadiah sangat menarik. Tidak hanya itu pada acara ini juga melombakan poster HUT GEMAPEDIA yang ke tujuh dan video tiktok yang diunggah di media sosial masing-masing. Pemenang setiap lombanya akan akan diumumkan saat hari H.

Kegiatan  Capacity Building and 7th Anniversary of GEMAPEDIA ini dilakukan secara online dengan menggunakan Zoom. Walaupun kegiatan ini dilakukan secara online, namun tidak mengurangi kemeriahan acara ini. Pada acara  ini dimulai hari sabtu, yang mana acara dibuka dengan sambutan Bapak pembina GEMAPEDIA dan dilanjutkan dengan kegiatan dalam pengembangan soft skill publik speaking yang dibawakan oleh pemateri yang sangat luar biasa yaitu kak Fendy. Kak Fendy ini memiliki pengamalan yang luar biasa dalam hal public speaking. Materi yang Kak Fendy sampaikan terkait public speaking pada pembelajaran sekolah dasar, yang mana beliau membahas dari mulai dasar-dasar public speaking sampai mengupas tuntas tentang tips and trik dalam public sepaking yang baik. Walaupun kegiatan ini dilakukan secara online, namun kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar.

Kemudian dilanjutkan acara berikutnya yaitu sharing tentang sejarah GEMAPEDIA UM. Pada acara sharing ini di hadiri oleh pendiri-pendiri GEMAPEDIA UM salah satunya Mbak Nila yang akrab dengan sapaan Mbak Ncus dan kawan-kawannya. Sharing kali ini berjalan dengan sangat hangat yang mana Mbak Ncus memulai dengan tebak-tebakan untuk menghidupkan suasana dan menceritakan sejarah berdirinya GEMAPEDIA UM. Antusiasme Laskar Dewantara pun terlihat ketika banyaknya pertanyaan terkait sejarah GEMAPEDIA UM. Sehingga dalam hal ini para Laskar Dewantara dapat mengetahui awal mula berdirinya GEMAPEDIA yang dulu bernama UMengajar sampai berubah nama menjadi GEMAPEDIA dan berkembang sampai saat ini.

Tidak hanya itu, kemeriahan acara GEMAPEDIA tidak berhenti pada hari pertama saja, namun kegiatan ini berlansung juga pada hari minggu. Kegiatan di hari minggu ini dimulai dengan pembekalan terkait Seminar pembelajaran Interaktif selama pandemi. Materi ini dibawakan oleh pemateri kita yang luar biasa yaitu Kak Halimah Isna, yang mana Kak Isna merupakan demisioner dari GEMAPEDIA UM.  Pada kegiatan ini Laskar Dewantara mendapat bekal ilmu mengajar sebelum pengadian akbar berlangsung.

            Kemudian dilanjutkan acara yang berikutnya, yang mana acara ini merupakan acara having fun dengan adanya berbagai macam kuis dengan hadiah menarik. Antusias Laskar Dewantara sangat terlihat ketika saling berebut untuk menjawab kuis. Dilanjutkan acara puncaknya yang mana video kompilasi dari Laskar Dewantara ditayangkan tentunya dengan keunikan masing-masing dan diumumkan pemenang video terbaik sesuai dengan kategori. Tidak hanya itu pada acara puncak ini juga mengumumkan pemenang dari lomba poster dan lomba tiktok. Pembacaan nama penemang ini sangat antusias, baik Dewanatara maupun Laskar Dewantara memberikan tepuk tangan yang  meriah untuk para pemenang. Acara Capacity Building and 7th Aniversary of GEMAPEDIA ini pun berjalan dengan lancar walaupun dilaksanakan secara online tidak mengurasi rasa khidmat kami dalam memeriahkan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua