Langsung ke konten utama

Wujudkan Formasi Baru, GEMAPEDIA Hadirkan Open Recruitment 2021

 

17 Agustus 2021

 

GEMAPEDIA (Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan) merupakan suatu organisasi independen yang telah diakui oleh Universitas Negeri Malang. Organisasi ini didirikan pada 03 Januari 2014. Kegiatan utama GEMAPEDIA sendiri bergerak di bidang pendidikan, yaitu sebagai upaya dan partisipasi dalam mencerdaskan anak bangsa. Yang membedakan GEMAPEDIA dengan organisasi lain, GEMAPEDIA melaksanakan pengabdian di sekolah formal, namun juga memberikan pengajaran sekolah non formal dan lembaga pemasyarakatan dengan tujuan pemerataan pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

Di usianya yang menginjak 7 tahun ini, GEMAPEDIA mengadakan open recruitment untuk merekrut anggota baru dari GEMAPEDIA yang dijuluki sebagai “Laskar Dewantara.  Laskar Dewantara merupakan panggilan spesial untuk anggota baru yang telah begabung di GEMAPEDIA, disebut Laskar Dewantara karena yang pertama sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan karena telah bergabung didalam GEMAPEDIA. Open recruitment ini diadakan mulai dari 20 Agustus 2021 dengan rangkaian kegiatan mulai dari pendaftaran, Focus Group Discussion (FGD), wawancara, microteaching, Training of Trainer (ToT), dan inagurasi.

Ketua Pelaksana kegiatan open recruitment GEMAPEDIA 2021, Karenia Jannah, mengatakan syarat dalam mendaftar sebagai anggota GEMAPEDIA adalah mahasiswa UM seluruh jurusan angkatan 2021, 2020, 2019, dapat bertanggung jawab dan bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan GEMAPEDIA dan bersedia mengabdi di sekolah binaan, komunitas, dan lembaga mitra sekitar wilayah Malang Raya selama waktu yang telah ditetapkan. Selain itu,  calon Laskar Dewantara diharapkan dapat bekerja secara individu maupun tim. Tak ketinggalan juga untuk mengunggah twibbon yang sudah disediakan, serta mengisi dan memenuhi persyaratan administrasi yang terdapat di bio instagram @gemapedia_official.

Dengan bergabung bersama GEMAPEDIA, kita tidak hanya mendapatkan pengalaman mengabdi, melainkan lebih dari itu. GEMAPEDIA merupakan komunitas pendidikan yang memberikan banyak hal. mulai dari berlatih cara mengajar, ilmu yang bermanfaat, apresiasi mengajar, serta bertemu  berbagai kepribadian dan karakter anak maupun teman sebaya. Sebagai anggota GEMAPEDIA, kita bisa merasakan serunya menjadi bagian hidup dari adik-adik di tempat pengabdian nanti. Kita juga bisa tahu bagaimana rasanya mendidik anak bangsa bahkan menjadi inspirasi bagi mereka. Seperti jargon dari GEMAPEDIA yaitu bangga mendidik, mengabdi, dan menginspirasi anak bangsa.

Ia juga menambahkan harapannya untuk open recruitment tahun ini yaitu semoga semua rangkaian acara bisa berjalan dengan lancar. Teman-teman panitia juga tetap semangat dan dalam keadaan sehat selalu. Serta jumlah pendaftar bisa memenuhi target. Semoga GEMAPEDIA juga makin harum namanya dengan keberadaan calon Laskar Dewantara nantinya

Adyatma Wicaksono, selaku Ketua Umum GEMAPEDIA berharap semoga calon Laskar Dewantara yang baru bisa menunjukkan esistensinya, berjiwa nasionalis,  berprestasi, semangat dalam mengemban tugas, dan tentunya amanah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua