Langsung ke konten utama

Upgrade Kreativitas dan Inovasi Pendidik melalui Webinar Pendidikan Nasional 2023

       Saat ini, hampir seluruh siswa telah mahir dalam menggunakan media digital dan mengembangkan cara belajar baru yang sangat bergantung pada media sosial. Media pembelajaran menjadi tolak ukur berkenaan dengan semakin berkembangnya teknologi pembelajaran. Teknologi dapat menciptakan pengalaman belajar mengajar yang lebih menarik dan inovatif, dan siswa lebih tertarik pada proses pembelajaran jika menggunakan alat yang tepat. Alat media sosial memungkinkan siswa untuk dapat berpikir lebih kritis dan kreatif. Adanya media elektronik seperti sosial media menempati posisi strategis dalam mempermudah dan memperlancar kegiatan belajar mengajar, karena jangkauan belajar menjadi lebih luas dan lebih cepat, yang pada akhirnya penerapan teknologi pembelajaran memiliki kontribusi yang besar untuk saat ini. Sehingga guru dituntut untuk kreatif dalam mengelola proses belajar yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Maka dari itu, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) sebagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, turut serta mengambil peran dalam mencetak para pendidik untuk semakin berinovasi dan kreatif dalam memanfaatkan sosial media sebagai media pembelajaran. Kegiatan webinar ini merupakan salah satu program kerja dari Divisi Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (PSDM). Dilaksanakan secara online pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 pukul 08.00, Webinar Pendidikan Nasional 2023 mengusung tema “Inovasi Media Pembelajaran Kreatif Melalui Pemanfaatan Sosial Media”. 

Banyak sekali benefit yang didapatkan oleh peserta webinar, seperti e-sertifikat, beragam doorprize yang menarik, relasi, dan tentunya ilmu yang bermanfaat. Webinar Pendidikan Nasional pada tahun ini dibawakan oleh 2 narasumber yang sangat hebat. Narasumber yang pertama yakni bapak Arda Purnama Putra, S.Pd, M.Pd selaku dosen Universitas Malang yang membawakan materi bertajuk “Inovasi Media Pembelajaran Kreatif”. Begitupun narasumber kedua yakni Dr. Endy Agustian, S.T., M. Eng. selaku Dosen Universitas IGM sekaligus penulis, Duta Pendidikan Indonesia, dan Founder Indonesia Cerdas yang membawakan materi bertajuk “Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Pembelajaran di Era Digital”. Peserta webinar terlihat sangat antusias pada saat sesi penyampaian materi serta sesi tanya jawab dan sesi pembagian doorprize.

        Aisyah Anantayani, selaku ketua pelaksana menyampaikan harapannya, “Pada Webinar Pendidikan Nasional tahun ini, kami mengusung tema Inovasi Media Pembelajaran Kreatif Melalui Pemanfaatan Sosial Media, yang mana dengan mengusung tema tersebut kami berharap pelaksanaan webinar ini dapat menjadi salah satu kontributor dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena yang kita semua tahu, bahwa saat ini sosial media menjadi salah satu hal yang sangat familiar dan cukup dekat dengan kehidupan masyarakat dari seluruh tingkatan usia, sehingga mari kita manfaatkan fenomena tersebut untuk sesuatu hal yang lebih positif, salah satunya yaitu dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, agar proses pembelajaran menjadi tidak monoton dan lebih menarik, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat meningkat”, ujarnya.


Find us on:

Instagram : @gemapedia_official

Facebook : Gemapedia

Twitter : _gemapedia

YouTube         : Gemapedia Official

Email : info.gemapedia@gmail.com

Website         : www.gemapedia.org

Tiktok : gemapediaofficial

Linkedln         : Gemapedia_Official

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua