Langsung ke konten utama

Pendaftar Open Recruitment Calon Laskar Dewantara 2023 Tembus Rekor, Peserta Sangat Totalitas dan Antusias


Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) kembali mengadakan open recruitment untuk memperoleh generasi baru sebagai penggerak roda organisasi di periode selanjutnya. Untuk merekrut anggota baru yang dijuluki sebagai “Laskar Dewantara”, kegiatan open recruitment telah dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus hingga 15 Oktober 2023. calon Laskar Dewantara diwajibkan untuk mengikuti rangkaian acara yang cukup panjang mulai dari tahap pendaftaran, Focus Group Discussion (FGD), Microteaching, Wawancara, Training of Trainer (ToT), hingga Inaugurasi (pengukuhan). Seluruh rangkaian open recruitment tahun ini dilakukan secara offline.

Pada tahap pertama, yakni tahap pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 29 Agustus hingga 17 September 2023. Tahun ini antusias dari pendaftar sangat luar biasa, hingga hari terakhir pendaftaran tercatat sebanyak 220 mahasiswa telah mendaftar menjadi calon Laskar Dewantara Batch XI. Setelah penutupan pendaftaran, kelengkapan berkas calon Laskar Dewantara akan diseleksi. Sebanyak 138 calon Laskar Dewantara yang lolos tahap administrasi akan berkesempatan untuk lanjut ke tahap seleksi berikutnya, yakni Focus Group Discussion (FGD).

Focus Group Discussion (FGD) adalah teknik diskusi kelompok mengenai suatu isu spesifik yang sudah ditentukan sebelumnya dan dipimpin oleh seorang moderator. Focus Group Discussion open recruitment calon Laskar Dewantara Batch XI telah dilaksanakan pada tanggal 24 September 2023. Bertempat di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan Gedung D3, kegiatan FGD dilaksanakan dengan mendatangkan 3 pemateri. Pemateri pertama yaitu  Kak Istiyah Andriana memaparkan materi tentang “Menurunnya Kemampuan Literasi pada Anak SD”. Materi kedua tentang “Peran Fasilitator dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Warga Binaan” disampaikan oleh Kak Septiana Makrifatul Rosida. Terakhir Kak Alfina Rosita Dewi memaparkan materi tentang “Susunan Piramida Belajar”. Ketiga pemateri tersebut merupakan Dewan Pembina dan Pembimbing Organisasi (DP2O). Setelah pemaparan materi terdapat sesi tanya jawab, calon Laskar Dewantara yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok terlihat sangat antusias saat sesi diskusi mengenai ketiga materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Setelah mengikuti kegiatan Focus Group Discussion, selanjutnya calon Laskar Dewantara harus melalui tahapan Microteaching. Microteaching merupakan kegiatan praktik mengajar dalam skala kecil yang dilakukan calon Laskar Dewantara dihadapan tim penilai  guna melatih dan mengasah kemampuan mengajar dan mengkondisikan kelas dalam proses pembelajaran. Selain itu, Microteaching ditujukan guna melihat kesiapan calon Laskar Dewantara dalam mengajar khususnya untuk Pengabdian Akbar nanti. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 30 September – 1 Oktober 2023 di lantai 2 Gedung B20 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Tentunya, sebelum melakukan kegiatan Microteaching, calon Laskar Dewantara harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terlebih dahulu serta menyiapkan media pembelajaran sekreatif dan semenarik mungkin. Dengan mengenakan atasan putih dan bawahan hitam, calon Laskar Dewantara memasuki ruangan dan diberi waktu selama 15  menit untuk memaparkan materi pembelajaran. Kegiatan Microteaching berjalan dengan lancar karena semua calon Laskar Dewantara telah menyiapkan bahan dan media pembelajaran dengan sangat totalitas.


Wawancara merupakan tahapan berikutnya dalam kegiatan open recruitment yang harus dilalui oleh calon Laskar Dewantara.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023 di Gedung ORMAWA baru Universitas Negeri Malang. Dimulai pada pukul 08.00, calon Laskar Dewantara secara bergantian masuk ke ruang wawancara. Dengan mengenakan atasan batik dan bawahan hitam, mereka bersemangat mengikuti kegiatan ini, terlihat dari antusiasme mereka yang rela menyempatkan diri untuk datang meskipun kegiatan ini dilaksanakan saat weekend. Wawancara sendiri merupakan kegiatan tanya-jawab atau interview secara lisan antara tim penilai dengan calon Laskar Dewantara. Calon Laskar Dewantara diberi waktu 15 menit untuk menjawab beberapa pertanyaan dan menyampaikan pandangan dan gagasan mereka tentang GEMAPEDIA juga terkait permasalahan pendidikan yang menjadi tantangan saat ini. Tahap wawancara ini merupakan rangkaian terakhir sebelum pengumuman Calon Laskar Dewantara yang berhasil lolos seleksi.

Setelah melewati serangkaian kegiatan open recruitment yang cukup panjang, sampailah pada tahap pengumuman terpilihnya 48 calon Laskar Dewantara yang diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2023 melalui akun instagram dan website GEMAPEDIA. Pengumuman tersebut menjadi langkah awal bagi 48 calon Laskar Dewantara sebelum melangkah lebih jauh bersama keluarga besar GEMAPEDIA. Dengan penilaian yang cukup ketat dan persaingan yang cukup sengit pada serangkaian tahap seleksi, calon Laskar Dewantara yang dinyatakan lolos akan melakukan kegiatan selanjutnya yakni Training of Trainer (ToT) dan Inaugurasi (pengukuhan).

Training of Trainer (ToT) dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2022 di Aula Gedung B20 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan mengusung tema “Mewujudkan Regenerasi Potensial dan Proaktif sebagai Bentuk Optimalisasi GEMAPEDIA yang Berintegritas Tinggi”, diharapkan Laskar Dewantara mendapatkan bekal pengetahuan agar lebih siap untuk melaksanakan pengabdian nantinya. ToT pada tahun ini mendatangkan pemateri yang sangat luar biasa. Pemateri pertama yakni Ibu Dr. Anggia Listyaningrum, S.Pd., M.P.d. selaku dosen Departemen Pendidikan Luar Sekolah dengan materi yang disampaikan adalah “Strategi Pengelolaan Kelas dalam Membangun Proses Pembelajaran yang Efektif”. Pemateri kedua adalah Ibu Khusnul Khotimah, S.Pd., M.Pd. selaku dosen Departemen Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang menyampaikan materi “Pengenalan dan Penerapan Kurikulum Merdeka sebagai Acuan Pembelajaran”. Setelah penyampaian materi terdapat sesi tanya jawab, Laskar Dewantara diberi kesempatan untuk bertanya terkait materi yang sudah disampaikan.

Minggu, 15 Oktober 2023 mungkin menjadi hari yang berarti dan tidak akan dilupakan bagi para Laskar Dewantara yang telah berhasil lolos pada rangkaian kegiatan open recruitment GEMAPEDIA 2023. Bagaimana tidak, pada hari itu telah dilaksanakan Inaugurasi atau pengukuhan atas terpilihnya ke-48 Laskar Dewantara Batch XI. Inaugurasi sendiri merupakan agenda wajib yang dilakukan sebagai acara peresmian anggota baru dalam suatu organisasi. Pembukaan inaugurasi dilakukan pada pukul 08.00 dilanjutkan dengan pembacaan doa serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne, dan Mars GEMAPEDIA. Ketua umum, Afanin Fasayakfika Zayyan Ardian turut menyampaikan sambutan pada acara tersebut, dilanjutkan dengan penayangan video Pengabdian Akbar 1 dan 2 serta perkenalan pengurus GEMAPEDIA tahun 2023/2024. Hingga tiba pada sesi yang dinanti nanti yaitu pengukuhan Laskar Dewantara Batch XI oleh DP2O. Selain itu, pada acara tersebut juga terdapat penampilan dari perwakilan Laskar Dewantara Batch XI dan juga Dewantara. Kegiatan Inaugurasi ditutup dengan berdoa dan foto bersama. Bertempat di Aula Gedung B20 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, kegiatan tersebut berlangsung lancar dan khidmat serta dihadiri oleh Dewan Pembina dan Pembimbing Organisasi (DP2O).

Dengan berakhirnya rangkaian acara open recruitment dengan pengukuhan Laskar Dewantara Batch XI, Afanin Fasayakfika Zayyan Ardian selaku ketua umum GEMAPEDIA 2023/2024 berharap momen ini menjadi awal yang baik antara Dewantara dan Laskar Dewantara Batch XI untuk bersatu dan bersinergi bersama guna berkontribusi dalam mengatasi masalah pendidikan khususnya yang ada di wilayah Malang Raya. 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA KREATIVITAS SI AUM

  HALO SOBAT AUM, Si Aum mau ngenalin media pembelajaran yang dibuat oleh Laskar Dewantara Batch IX dalam Pengabdian Akbar 1 Minggu 1 nih, yuk yuk dikepoin MEDIA KREATIVITAS SI AUM SDN 2 NGADAS   Media pembelajaran “Poster Abjad”, “Kertas Bergambar”, dan “Kartu Nama” dibuat oleh Laskar Dewantara Aninda Dita Cahyani dan Khusnul Khowatim untuk membantu siswa kelas 1 SDN 2 Ngadas dalam memahami  tata cara berkenalan yang baik, huruf-huruf dalam nama peserta didik, dan abjad alfabet pada materi pembelajaran Tema 1 Diriku Sub Tema 1 Aku dan Teman Baru.         Media pembelajaran “Papan Ungkapan” dibuat oleh Laskar Dewantara B Nila Trya Khasyanah dan Salsabila Azkia Syaifudin untuk membantu siswa kelas 2 SDN 2 Ngadas   dalam memahami ungkapan pada  pembelajaran Bahasa Indonesia . Media pembelajaran “ Flascard  ciri-ciri makhluk hidup” dibuat oleh Laskar Dewantara Anita Irawati dan Fadilatu Tsaniya untuk membantu siswa kelas 3 SDN 2 Ngadas   dalam  memahami bacaan ciri-ciri makhluk hidup pada

Pengumuman Lolos Seleksi Administrasi Open Recruitment Laskar Dewantara Batch XI Gemapedia 2023/2024

Lokakarya 2022: Bersinergi Wujudkan Program Kerja GEMAPEDIA yang Optimal

Dalam rangka pergantian pengurus periode 2022/2023, Gerakan Mahasiswa Peduli Pendidikan (GEMAPEDIA) mengadakan kegiatan Lokakarya pada Sabtu, 23 Juli 2022. Lokakarya tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, tahun ini Lokakarya dilakukan secara luring di Sekretariat Ormawa Universitas Negeri Malang (UM). Dihadiri oleh tamu undangan yang merupakan keluarga besar GEMAPEDIA sendiri, yakni Dewan Penimbang dan Penasehat Organisasi (DP2O), Dewantara Muda, Dewantara Ahli, serta Dewantara 2022/2023. Kegiatan berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30. Lokakarya pada tahun ini mengusung tema “Optimalisasi Program Kerja yang Inovatif dan Transformatif Wujudkan GEMAPEDIA Progresif”. Latar belakang tema ini diusung memiliki tujuan untuk mengoptimalkan serta memberikan inovasi program kerja GEMAPEDIA. Lokakarya dibuka dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Ketua Umum periode 2021/2022 kepada Ketua